Pengertian, Sejarah, dan Unsur Seni Musik Yang Harus Kamu Tahu!

Musik sudah sangat terkenal serta dekat di indera pendengaran masyarakat. Seni Musik merupakan salah satu media untuk mengekspresikan diri.

Menurut Kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI), musik merupakan ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi, serta hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (bunyi) yang memiliki kesatuan serta kesinambungan.

Kata musik berasal dari bahasa Yunani mousikos, melambangkan dewa keindahan yang menguasai bidang seni serta keilmuan.

Dilansir Encyclopaedia Britannica (2015), musik adalah seni yang memadukan suara vokal atau instrumental untuk estetika bentuk atau ekspresi emosial. Umumnya sesuai dengan standar budaya irama, melodi, serta harmoni. Musik adalah seni yang menembus setiap masyarakat manusia.

Musik sudah dikenal insan sejam zaman Homo Sapiens lebih kurang 180.000 sampai 100.000 tahun yg lalu.

Pada awal abad ke-20, musik dianggap sebagai hal biasa. Di mana nada musik ditandai oleh keteraturan getarannya. Keseragamam tadi memberinya nada yang tetap serta membedakan suaranya dari kebisingan.

Dalam buku Sejarah Musik dan Apresiasi di Asia (2012) karya Sila Widyatama, musik adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk suara yang teratur dengan melodi atau ritme serta mempunyai unsur atau keselaran yang latif.

Kata musik dikenal dari bahaya Yunani yaitu “musike”. Musike berasal dari perkataan muse – muse, yaitu sembilan dewa – dewa Yunani di bawah dewa Apollo yg melindungi seni serta ilmu pengetahuan.

Pada metodologi Yunani antik mempunyai arti suatu estetika yang terjadinya dari dari kemurahan hati para dewa-yang kuasa yg diwujudkan sebagai bakat.

Lalu pengertian itu ditegaskan okel Pythagoras, bahwa musik bukanlah sekedar hadiah (talenta) asal ilahi – dewa, akan tetapi musik terjadi karena akal budi manusia dalam membentuk teori – teori.

Pythagoras, yg merupakan numerolog musik pertama dan meletakkan dasar untuk akustik. Pada akustik orang-orang Yunani menemukan korespondensi antara nada not serta panjang string.

Unsur-unsur musik

Unsur-unsur musik terdiri berasal beberapa kelompok yang secara bersama adalah satu kesatuan menghasilkan suatu lagu atau komposisi musik. Berikut unsur-unsur musik:

  • Harmoni: Harmoni adalah keselarasan suara yang merupakan gabungan dua nada atau lebih yang tidak selaras tinggi rendahnya. Harmoni adalah gabungan beberapa nada yang dibunyikan secara serempak atau arpegic (berurutan).
  • Irama: Irama dapat diartikan menjadi bunyi atau sekelompok bunyi menggunakan panjang pendeknya not serta tekanan atau aksen pada not. Irama bisa diartikan menjadi ritme, yaitu susunan panjang pendeknya nada serta tergandung di nilai titik nada. Irama artinya rangkaian gerak yang menjadi unsur dasar pada musik.
  • Melodi: Melodi merupakan susunan rangkaian nada (bunyi dengan getaran teratur) yg terdengar berurutan serta bersama dengan mengungkapkan suatu gagasan. Melodi digunakan pada susunan lagu sebagai isian atau vokal inti.
  • Bentuk lagu atau struktur lagu: Bentuk lagu ialah susunan atau hubungan antara unsur-unsur musim dalam suatu lagu. Sehingga membentuk komposisi lagu yg bermakna. Sebuah lagu bisa didengarkan ketika telah mempunyai bentuk atau struktur yang jelas. Struktur lagu sangat penting pada langkah awal membentuk sebuah karya seni.
  • Tanda tempo: tanda tempo merupakan kecepatan pada memainkan lagu serta perubahan-perubahan dalam kecepatan tersebut. Dalam tanda tempo dibagi 3 bagian, yakni tempo lambat, sedang, dan cepat. Tempo tak jarang menjadi tantangan dalam bermusik. Ketika tempo tak teratur, maka akan berpengaruh terhadap musik yang sedang dimainkan.
  • Ekspresi: ekspresi artinya suatu ungkapan pikiran dan perasaan yang mencakup tempo, dinamik, serta warna. Ekspresi sangat diperlukan pada pementasan sebuah karya musik. Seseorang vokalis harus mampu melakukan unsur tadi. Unsur ekspresi juga perlu dikuasai oleh semua pemain musik.
  • Timbre: Timbre ialah kualitas atau warna bunyi. Keberadaan timbre sangat ditentukan oleh asal bunyi dan cara bergetarnya.

Nah, itulah berbagai pengertian, sejarah, serta unsur – unsur musik di dunia yang harus kalian tahu, apalagi jika kalian merupakan seorang pemusik. Semoga artikel ini dapat berguna serta bermanfaat terutama bagi kalian yang ingin tahu lebih dalam tentang musik.