Fungsi Seni Musik di Dunia, Sudah Tahu Sebelumnya?

Musik merupakan cabang seni yang membahas serta menetapkan bermacam-macam bunyi ke dalam pola-pola yang dapat dimengerti serta dipahami manusia. Dalam kehidupan sehari-hari, manusia hidup berdampingan dengan musik yang hadir pada berbagaibermacam lini. Bahkan ada beberapa musik dari berbagai negara yang sering diputar di situs Slot Online Terbaik dan Terpercaya No 1 di Indonesia untuk menghibur member.

Musik diartikan sebagai suatu hasil karya seni bunyi pada bentuk lagu atau komposisi musik, yang menyampaikan pikiran dan  perasaan penciptanya melalui unsur-unsur musik, yaitu irama, melodi, harmoni, bentuk atau struktur lagu dan  ekspresi sebagai satu kesatuan.

Pada Kamus besar Bahasa Indonesia, dinyatakan bahwa musik adalah nada atau bunyi yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu dan  keharmonisan (terutama yg menggunakan alat-alat yang menghasilkan suara).

Seni merupakan segala yang berkaitan dengan karya cipta yang dihasilkan sang unsur rasa. Seni adalah proses dari manusia, dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. Seni mampu dicermati dalam intisari ekspresi dari kreativitas manusia.

Sementara itu, musik merupakan bunyi yang diterima sang individu dan berbeda – beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan kesukaan seorang. Definisi tentang musik juga ada berbagai macam.

Menurut Hardjana (2003:111), musik adalah permainan waktu dengan mengadopsi bunyi sebagai materinya.

Musik merupakan waktu dalam bunyi. Dalam musik, waktu adalah ruang dan  suara merupakan substansinya. Didalam ruang waktu itulah suara-suara bergerak.

Secara umum, bisa disimpulkan bahwa musik adalah cabang seni yang timbul dari pikiran serta perasaan manusia yang bisa dimengerti dan  dipahami berupa nada atau bunyi yg disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama lagu serta keharmonisan menjadi suatu ekspresi diri.

Fungsi musik memiliki tujuan yang berbeda, tergantung asal alasan pemakaian musik itu sendiri. Berikut 10 fungsi musik berdasarkan Allan P. Meriam pada buku The Anthropology of Music:

  • Fungsi seni musik sebagai mekanisme emosional bagi sebuah kelompok besar  dengan tindakan yg sama. Menjadi contoh, kasus suku Indian Flathead dan  mungkin banyak juga suku Indian Amerika lainnya yang masih melestarikan lagu dan  tarian tertentu, meskipun kejadian asli dari penampilan mereka tersebut telah lama   punah.
  • Fungsi seni musik sebagai pemuas estetika. Masalah estetika yg berkenaan dengan musik bukanlah hal yang mudah. Termasuk di dalamnya estetika dari sudut pandang pencipta ataupun penikmatnya dan  Jika dipertimbangkan dengan salah satu fungsi utamanya, musik harus bisa didemonstrasikan bagi budaya selain budaya kita sendiri.
  • Fungsi seni musik menjadi hiburan dalam semua lapisan sosial. Hanya perlu diperjelas di sana berbeda-beda hiburan murni yang tampaknya merupakan fitur musik masyarakat barat, dengan hiburan yang telah dikombinasikan dengan fungsi lainnya yang mungkin merupakan karakteristik masyarakat non-literasi yang bersifat lebih awam.
  • Fungsi seni musik sebagai alat berkomunikasi. Selagi kita mengetahui bahwa masalah utama adalah musik menyampaikan sesuatu, kita tidak mengetahui seberapa jelas apa, bagaimana, dan  untuk siapakah pesan tersebut. Musik bukan merupakan bahasa universal, melainkan bentuk dari segi budaya sebagaimana musik adalah satu bagiannya.
  • Fungsi seni musik sebagai representasi simbolis. Terdapat sedikit keraguan bahwa fungsi musik didalam seluruh lapisan masyarakat adalah representasi simbolis dari hal, ide dan sikap lain.
  • Fungsi seni musik sebagai respon fisik. Masih diragukan fungsi musik ini untuk diperkenalkan karena masih dipertanyakan apakah respon fisik bisa atau wajib  dicantumkan dalam apa yang pada dasarnya ada didalam sebuah grup dan  fungsi sosial. Bagaimanapun, fakta bahwa musik dapat memancing respons fisik bisa diperhitungkan kegunaannya di pada sosialisasi manusia, walaupun respons fisik yang lahir akan berbentuk melalui adat istiadat itu sendiri.
  • Fungsi seni musik sebagai penguat kesesuaian dalam istiadat sosial. Lagu-lagu yg dapat mengatur kontrol sosial memainkan peran penting pada beberapa budaya, lewat peringatan secara langsung atau tak langsung pada perilaku yang dianggap seharusnya diterapkan.
  • Fungsi senis musik sebagai validasi instuisi sosial serta ritual keagaman. Ketika musik digunakan dalam situasi sosial dan  keagamaan, terdapat beberapa informasi untuk mengindikasikan sejauh mana musik cenderung menvalidasi instuisi dan  ritual tersebut.
  • Fungsi seni musik sebagai kontribusi   terhadap stabilitas budaya. Jika musik memungkinkan pengekspresian emosional, memberikan kenikmatan estetika, menghibur, mengkomunikasikan, memancing respon fisik, menguatkan keselerasan norma dan  memvalidasi instuisi sosial dan  ritual keagamaan.
  • Fungsi seni musik sebagai kontribusi integrasi sosial. Dengan pandangan bahwa kita telah menantikan fungsi ini pada dalam musik pada paragraf-paragraf sebelumnya memperjelas bahwa musik menyediakan solidaritas pada anggota yang berkumpul didalam rakyat, musik memang memiliki fungsi untuk mengintegrasi kehidupan sosial.

Nah, itulah berbagai fungsi seni yang harus kamu tahu. Semoga bermanfaat.